Health,  Soul

Bagaimana Agar Tetap Percaya Diri, Walau Jadi Korban Body Shaming?

Ada yang tau body shaming? Arti body shaming adalah kegiatan mengomentari fisik atau tubuh orang lain, maupun citra seseorang. Terkadang body shaming juga bisa dilakukan oleh diri sendiri, lho! Contohnya, kamu membandingkan bentuk tubuh yang kamu miliki, dengan orang lain. Akhirnya ada aja diantara kamu, yang suka membuat citra negatif akan tubuh kamu sendiri.

Kebanyakan sih ya, body shaming terjadi saat seseorang mengomentari tubuh orang lain dan orang yang dikomentari merasa terganggu. Nggak jarang lho, tindakan ini justru dilakukan oleh orang-orang terdekat korban. Kenapa ya? Berdasarkan fenomena yang terjadi, berikut  poin- poin yang mungkin bisa jadi alasan kenapa pelaku body shaming. melakukan hal tersebut.

  • Pelaku Body Shaming Hanya Ingin Mencairkan Suasana

Banyak orang yang nggak sadar saat mereka sedang melakukan body shaming terhadap fisik orang lain. Awalnya, mungkin hanya ingin melucu dan mencairkan suasana. Tanpa mereka sadari, ternyata ada korban yang nggak merasa nyaman hatinya.

  • Pelaku Body Shaming Orang yang Tidak Percaya Diri

Banyak ternyata yang merasa bahagia, saat melihat kondisi orang lain lebih buruk dari mereka. Contohnya. merasa bahagia kalau kondisi tubuh orang lain engga lebih baik dari mereka. Lalu timbul perasaan ingin mengejek dan bahagia setelahnya.

 

Kenapa kok gendut banget sih sekarang?

Dih abis liburan kemana, item banget sih?

Engga boleh kurus-kurus, kaya orang susah aja

 

Sepertinya pertanyaan diatas sangat sering  kamu dengar. Mungkin diantara kamu, pernah ya jadi korban body shaming atau sebaliknya? Hehe. Body shaming memang berdampak negatif lho!  Banyak korban body shaming yang akhirnya engga puas dengan dirinya sendiri atau bisa jadi ia melakukan hal yang sama di masa yang akan datang. Semoga nggak termasuk kamu ya! Berikut tips tetap percaya diri, walau jadi korban body shaming.

 Berbaik Sangka ke Para Pelaku Body Shaming

Banyak dari mereka yang biasanya nggak sadar bahwa apa yang mereka lakukan, berdampak negatif. Bisa jadi, mereka hanya ingin ngeludruk, ngelawak, biar akrab. Rasa percaya diri bisa kamu asah, dengan nggak selalu menanggapi ucapan orang lain dan langsung dimasukan ke dalam hati yha. Mengerti dan maafkanlah.

Lebih Berani Untuk Mengingatkan Pelaku Body Shaming, 

Saling mengingatkan itu penting, karena bisa jadi ini udah jadi kebiasaan dan nnggak cuma kamu aja tuh yang dikomentarin. Kamu bisa terus terang, katakan pada mereka bahwa kamu engga suka dengan perlakuan mereka. Coba berani bilang bahwa perbuatannya itu engga bijaksana dan berdampak negatif bagi hidup orang lain.

Cerita Pada Orang Lain yang Lebih Bersikap Netral

Kamu harus bergaul dengan orang-orang yang netral dan baik hati ya. Cerita pada mereka yang jauh lebih dewasa dan bijaksana. Tanyakan apa yang harus kamu lakukan. Bisa jadi dapat masukan yang menyejukan hati.

Ingat! Percaya Diri dan Mencintai Diri Sendiri itu Penting.  

Cintai diri kamu apa adanya dan bersyukurlah. Jangan pedulikan perkataan atau pertanyaan yang mengganggu. Berbahagialah! terus rawat tubuh yang dititipkan Tuhan ini dengan cara olahraga, makan sehat dan  berbahagia. Serta jangan lupa, jaga perbuatan, perkataan dan hatai gaess. Berikut tips dari saya, agar tetap positif walau jadi korban body shaming. Semoga bermanfaat! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *