Health

Bagaimana Cara Agar Hidup Bahagia, Menurut Gita Savitri Devi?

www.youtube.com/gita-savitri-devi

Seiring bertambahnya usia, makin sering pula seseorang berusaha mencari tau ‘apa itu bahagia?’, Setelah muncul definisi bahagia yang diyakini,  selanjutnya yang dilakukan adalah berusaha menggapai kebahagiaan yang hakiki menurut presepsi masing-masing. Sepertinya saat usia dewasa, banyak memori yang sudah terbang entah kemana, salah satunya memori saat usia kecil.

Padahal kalau mau belajar dari keponakan yang berusia 3 tahun, baru ‘ngeh’ lho, ternyata bahagia sesederhana itu ya. Mulai dari liat ikan lohan di akuarium dan bercanda sama ayah ibu dengan jokes receh nan ajaib. Lalu kenaa ketika dewasa jadi susah merasa bahagia? Mungkin makin kesini, makin sering bertemu hal-hal baru yang menarik hati, sehingga ‘menarik’ aja nggak cukup lagi sekarang. Bisa jadi, semakin dewasa, sudah biasa dengar gurauan lucu nan kreatif, jadinya jokes receh udah nggak sampe lagi di otak dan hati. Atau sebenarnya yang kamu harus coba lihat segalanya lebih dekat (kek lagu sherina) agar bisa menyadari, ternyata banyak banget hal yang patut disyukuri di hidup ini dan bisa bikin kamu bahagia, tanpa dipaksa.

Sampai  akhirnya saya nonton video di youtube channel Vlogger Indonesia, Gita Savitri Devi, yaitu ’18 Resep Agar Bahagia’. 18 resep  yang sangat pas untuk jadi hidangan di hidup kamu. layaknya meja makan jadi harus diisi dengan hidangan dengan resep yang bumbunya pas dan sesuai, biar enak dan bergizi.  Hidup pun harus diisi dengan pengetahuan dan energi yang positif, agar berguna buat orang disekitar,  atau minimal buat diri kamu sendiri. Saya coba ulas kembali apa yang dishare sama Gita. Seolah-seolah saya  mengakui diri saya adalah orang yang udah berhasil melakukan 18 cara ini di kehidupan saya sendiri, padahal ya nggak juga. Cuma mau nulis aja, dengan harapan bisa jadi energi positif buat yang baca. Bisa jadi reminder, disimpan di dalam hati & pikiran, biar bisa dibawa kemana-mana. Berikut 18 cara agar hidup bahagia dari Gita:

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #1

Terima Dirimu Apa Adanya. kamu harus terima apapun kondisi kamu sekarang, mulai dari fisik, kekurangan dan kelebihan  yang kamu punya. Penting banget! karena kalau kamu fokus sama apa yang kamu nggak punya, kapan bisa bersyukur sama apa yang kamu punya, hey? 

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #2

Berteman Dengan Diri Sendiri. Nah, contoh perbuatan memusuhi diri sendiri adalah, ketika seseorang sudah mulai sering kritisi diri sendiri, bahkan banyak yang nggak menyadari kalau kepala udah pusing dan kuping udah mulai bising, karena kebanyakan dengar tuntutan dan kritisi yang berasal dari diri sendiri. Belajar untuk apresiasi diri kamu itu penting, lho!

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #3

Take Care of Yourself! Lindungilah diri kamu dari hal-hal buruk, dengan cara memasuki hal-hal yang baik. Seperti mulailah gaya hidup sehat dari sekarang. Coba jaga asupan gizi dengan cara konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Jangan asal isi perut biar kenyang aja. Habit yang baik, seperti olahraga teratur juga bisa diterapkan agar badan kamu tetap fit dan pikiran tetap sehat. Pembawaan diri kamu juga akan lebih baik.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #4

Memperkaya Diri Dengan Pengetahuan. Kenapa sih kamu harus memperkaya diri dengan pengetahuan? Pertama, bisa mempengaruhi kualitas seseorang memilih topik apa yang mau dibicarakan dan didiskusikan dengan orang lain. Kedua, kamu jadi lebih terbuka untuk menerima informasi yang baik untuk diri kamu. Ketiga, membantu kamu untuk building emphaty ke  makhluk hidup disekitar kamu dan terakhir meningkatkan self development! Pilihan hidup yang kamu buat, juga bisa dipengaruhi oleh seberapa luas pengetahuan kamu, lho!

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #5

Jangan Berekspektasi! Gita bilang poin ini yang selalu diingatkan sama dirinya sendiri, saya pun demikian. Namanya manusia, jauh sebelum berusaha, hal yang dilakukan adalah berekspetasi dan yang dimaksud di sini berharap sama manusia ya. Tips biar nggak terlalu berekspetasi adalah, menyadari bahwa tugas manusia adalah berusaha, selebihnya adalah tugas Sang Pencipta yang maha pengatur segala isi bumi. Kamu bisa dengerin lagunya Kunto Aji-Rehat, untuk menyadari dan sedikit mengobati hati, karena dikecewakan oleh ekspetasi yang terlalu tinggi.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #6

Practice Gratitude, Think Positive dan Apreciative. Mirip-mirip sama poin yang pertama, kalau sudah berhasil cara #1, kamu berpeluang untuk menjadi orang yang bersyukur. Kamu juga harus sering-sering lihat kebawah, biar sadar ternyata  banyak yang ga seberuntung kamu, sebagian besar dari mereka bahkan berharap bisa berada di posisi kamu saat ini. Kalau udah bisa bersyukur, kamu  bisa lebih menghargai apa yang kamu punya dan berprasangka baik sama Tuhan.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #7

Membuang Hal-Hal yang Nggak Perlu! Setuju sama yang ini.Coba deh pikir, apa kamu masih kumpulin barang-barang yang udah nggak kamu pakai?dengan alasan masih sayang! Kebiasaan orang jepang seperti memiliki rumah dan barang-barang yang minimalis dan fungsional perlu kamu contoh. Kurangi barang yang nggak perlu dari sekarang, baik di lemari, rumah, hati dan pikirankamu! Caranya belajar merelakan dan menyumbangkan hal-hal yang nggak kamu butuhin lagi dalam hidup kamu. Biar berguna juga buat orang lain.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #8

Let Go of Things You Cannot Control. Yups, selalu ingin kontrol hal-hal disekitar kamu, itu nggak sehat untuk diri kamu sendiri, lho! Capek.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #9

Jangan Takut Akan Perubahan dan Hal Baru. Mempertimbangkan segala hal, sebelum mengambil keputusan, tentu penting. Semua orang butuh rancang rencana, biar hidup nggak ambyar dan berantakan. Tapi ada kalanya, kamu harus fleksibel dengan perubahan yang terjadi di sekitar kamu. Ini juga salah satu cara, agar kamu bisa  bertahan hidup, lho! Tirulah si bunglon.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #10

No Pressure From Social Media. intinya yang kamu lihat, baca dan dengar di dunia maya, belum tentu keadaan sebenarnya. Nilai dengan cara yang bijaksana!

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #11

Find Your Purpose. Carilah tujuan hidup kamu yang sebenarnya, biar bisa fokus sama sendiri dan nggak urusin urusan orang lain. Ada beberapa orang yang cukup sulit untuk menentukan tujuan hidup jangka panjang. Nggak ada salahnya kok, mulai belajar menentukan tujuan hidup yang kecil-kecil  (jangka waktu 2-3 tahun) dulu. Jangan lupa dalam proses menjalani tujuan, usahakan menikmati dan terus belajar banyak hal.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #12

Have Your Own Definition of Success and Failure. Intinya kata Gita, jangan memaksakan semua manusia, untuk punya cerita hidup yang sama. Karena masing-masing orang punya sifat yang berbeda, kemampuan otak yang berbeda, Jadi, nggak bisa dong menyamaratakan standar sukses dan standar gagal itu seperti apa?

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #13

Do What You Think is Right for You. Jangan melakukan sesuatu karena orang lain dan karena lagi kekinian. Pastikan, kamu tau apan yang kamu lakukan sekarang dan tujuannya apa, biar bahagia. Nanti kalo udah bahagia, kebahagiaan yang kamu punya, bisa dibagi-bagi ke orang sekitar.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #14

Depend on Yourself! Jangan pernah menggantungkan harapan atau apapun ke orang lain, selain ke diri kamu sendiri dan Tuhan. Berteman baiklah  dengan diri sendiri, seperti cara #2.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #15

Make Peace With the Past and Let Go. nggak ada yang harus disesali. Karena masa lalu yang pahit, menjadikan kamu seperti sosok yang sekarang, lebih baik, lebih cerdas dan lebih tangguh. Berdamailah dan jangan lupa ucapkan terima kasih ke masa lalu, ya!

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #16

Kelilingi Diri Dengan Orang-Orang Yang Penginspirasi. Bertemanlah dengan orang-orang yang mampu membuat kamu, menjadi orang yang lebih baik dari yang kemarin. Juga selalu memotivasi dan menginspirasi kamu. Buatlah lingkaran pertemanan yang berfaedah.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #17

Me-time Itu Penting. Selain rehat dari kebisingan orang-orang sekitar, dengan me-time kamu bisa lebih nyaman dengan diri kamu, sekaligus lebih mengerti.

Cara Agar Hidup Bahagia Menurut Gita Savitri Devi #18

Detach Yourself From Toxic Relantionship. Ketika kamu punya hubungan, yang menghambat kamu untuk berkembang, membuat emosi nggak stabil, bikin hidup jadi lebih menyedihkan. nggak usah takut untuk detach dari mereka. Karena pada akhirnya orang datang dan pergi silih berganti. Pahami bahwa orang datang kehidup kamu punya tujuan yang berbeda. Jangan takut untuk kehilangan orang-orang yang buat kamu jadi negative people.

Berikut 18 cara agar hidup bahagia dari Gita Savitri Devi. Bisa dari sekarang pelan-pelan mulai diterapkan di hidup kamu ya. Karena berapapun usia kamu, kamu berhak untuk bahagia. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *