Olahraga Renang dan Yoga, Ternyata Bisa Meredakan Stress

Menghabiskan duduk di depan komputer atau laptop dalam waktu yang cukup lama, sepertinya sudah menjadi rutinitas kamu sebagai pekerja kantoran, bukan? Akibatnya otot menjadi tegang dan kaku. Nggak jarang  menimbulkan rasa pegal dan sakit di bagian tengkuk atau leher. Bahkan bisa menimbulkan stress, yang mengakibatkan depresi pada sebagian orang.  Lalu apa solusinya? Ternyata olahraga bisa menjadi solusi yang baik, agar tubuh kamu tetap fit dan fresh, jiwa pun sehat.

Sekarang saya nggak heran, banyak masyarakat yang rela menghabiskan banyak uang, untuk mendaftarkan diri ke  fitness club ternama dan mulai rutin untuk melakukan olahraga. Olahraga yang dipilih diantaranya yoga, zumba, muay thai dan lainnya. Saya juga sering melihat banyak sekali artis atau beauty vlogger yang hampir setiap hari mengunggah video workout  di akun media sosial mereka masing-masing. Jaman sekarang sepertinya olahraga sudah bergeser menjadi rutinitas dan sudah menjadi kebutuhan pokok (asupan) yang harus diberikan oleh tubuh dan jiwa kamu, selain sandang, pangan, papan dan pendidikan.

Apa olahraga yang paling kamu suka? Kalau saya pribadi, saya suka sekali olahraga renang dan yoga. Walaupun saya engga expert olahraga renang, apalagi yoga, hehe. Tapi menurut saya, olahraga  yoga dan renang bisa membuat merasa lebih tenang. Selain itu renang dan yoga nggak terlalu berbahaya atau beresiko menimbulkan cedera yang serius. Dengan catatan, khusus olahraga yoga, harus diawali dengan gerakan dasar dan perlahan dan dibantu oleh pengajar. Berikut alasan olahraga renang dan olahraga yoga bisa meminimalisir stress.

Manfaat Olahraga Renang

Olahraga Berenang

Olahraga renang adalah olahraga yang menenangkan, karena media olahraga ini adalah air. Air dapat memberikan efek tenang dan segar pada tubuh manusia. Faktanya otot dalam tubuh manusia bisa menjadi kuat, dengan olahraga renang, tetapi tidak memberikan tekanan berlebih pada tulang.  Berikut alasan olahraga ini termasuk olahraga yang minim cedera. Jiwa kompetisi juga akan timbul saat kamu melakukan olahraga renang sehingga menimbulkan rasa percaya diri, lho.

Ternyata olahraga renang juga sangat baik untuk kesehatan mental seseorang. Saya pernah mendapat informasi dari aplikasi seputar kesehatan, yaitu halodoc. Bahwa olahraga yang baik untuk orang yang sedang dilanda depresi, adalah olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama dengan orang-orang terdekat. Untuk kamu yang sedang depresi, jangan olahraga sendirian! Ajak teman kamu untuk melakukan olahraga bersama, salah satunya olahraga renang.

Olahraga Yoga Juga Bisa Memperbaiki Postur Tubuh!

Olahraga Yoga

Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2007 diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, semua peserta studi yang telah mengambil kelas yoga mengalami pengurangan depresi, kemarahan, kecemasan, dan gejala neurotik yang signifikan. Sehingga temuan tersebut membuat peneliti merekomendasikan yoga sebagai pengobatan komplementer untuk depresi.

Fleksibilitas dan kekuatan tubuh juga terbentuk saat kamu berlatih yoga. Rasa nyeri yang timbul akibat duduk berjam-jam menatap layar monitor laptop bisa diredakan dengan melakukan gerakan pigeon pose (kapotasana). Selain meredakan nyeri punggung, beberapa gerakan yoga juga bisa memperbaiki postur tubuh kamu.

Saya sangat senang ketika berlatih yoga karena yoga merupakan sarana relaksasi, juga  bisa meredakan stress dan emosi. Biasanya reaksi emosi yang lebih sering dilanda oleh kaum wanita. Agar latihan yoga kamu lebih aman, sebaiknya ada instructor yang sudah profesional. Pelatih yang siap membimbing. Sekaligus bisa memotivasi kamu untuk melakukan gerakan yoga yang agak sulit atau rawan celaka.

Kesehatan tubuh, juga mental bukan hal yang sepele. Kedua hal tersebut harus dijaga dengan baik, karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat  jiwa yang kuat. Stress akan mengakibatkan tubuh ini tidak bersemangat dalam menjalani hidup. Akhirnya kamu tidak bisa produktif untuk mengerjakan hal-hal yang positif. Jaga kesehatan jiwa & tubuhmu, karena mereka teman kamu yang paling setia, setelah amal baik! Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *