Food

Selain Baik Untuk Pencernaan, Flaxseed Adalah Makanan Anti Kanker!

Gangguan buang air besar rasanya lumrah sekali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun bagi sebagian orang merupakan hal sepele, tetapi ternyata ini bukan hal yang boleh dianggap remeh. Bahkan, menurut penelitian dari American Society of Colon and Rectal Surgeons, buang air besar menjadi gangguan kesehatan umum yang memengaruhi hampir 80 persen warga dunia.

Sulit buang air besar tentu sangat menganggu. Pasalnya, perut akan selalu terasa penuh dan tidak nyaman. Bahkan, tak jarang disertai rasa mulas. Apabila kamu mengalami masalah ini, sebaiknya jangan buru-buru mengonsumsi obat pencahar sebagai langkah penyembuhan. Ada baiknya jika kamu mengetahui penyebab-penyebab yang membuat kamu susah buang air besar beserta solusi penyembuhannya secara alami. Misalnya dengan mengkonsumsi flaxseed atau biji rami. Flaxseed sangat baik untuk pencernaan karena kandungan seratnya cukup banyak.

Flaxseed adalah biji rami yang berasal dari bunga flax (Linium Usistatissinum). Bentuk flaxseed sama seperti biji wijen, namun agak lebih besar dan terdiri dari dua warna, brown flaxseed dan gold flaxseed. Bukan hanya untuk mencegah dan mengobati gangguan pencernaan, ternyata banyak manfaat yang tentu berguna bagi tubuh kamu. Apa saja ya manfaat dan kandungan flaxseed? Check this out!

Selain Makanan Anti Kanker, Flaxseed Juga Kaya Akan Nutrisi

Flaxseed kaya akan nutrisi

Nutrisi yang dimiliki flaxseed diantaranya adalah asam mucilage, omega-3 dan lignan. Apa itu mucilage? Mucilage merupakan serat terlarut yang tergandung pada biji rami, manfaatnya mencegah sembelit dan membantu pergerakan usus dalam membuang kotoran.

Ternyata flaxseed juga menduduki peringkat pertama makanan yang kaya akan omega-3 dan lignan. Berikut manfaat omega-3, yaitu untuk untuk mempertajam daya ingat, mengurangi tekanan darah tinggi dan anti stress dan sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit yang mematikan, khususnya penyakit jantung koroner, kanker, diabetes dan stroke.

Nah, ini jawaban kenapa banyak yang bilang kalau flaxseed adalah makanan anti kanker dan sangat bermanfaat untuk wanita, karena lignan yang ada dalam flaxseed merupakan salah satu senyawa antioksidan istimewa yang di dalam usus akan diubah oleh bakteri baik menjadi dua subtansi mirip hormon, yaitu enterolakton dan enterodiol yang dapat melindungi wanita dari kanker payudara dan juga mengurangi sakit selama menopause. Banyak kan manfaat flaxseed?

Flaxseed Makanan Anti Kanker yang Mudah Untuk Diolah

Flaxseed mudah untuk diolah

Menurut saya, mengonsumsi bubuk flaxseed cukup mudah, karena bisa dikonsumsi secara mentah atau diolah bersama makanan lain. Asam omega-3 yang ditemukan di flaxseed adalah alpha linolenic acid. Jadi, nutrisi dalam bubuk flaxseed tidak akan hilang walaupun dimasak selama 3 menit dalam suhu 150 derajat celcius. Bagusnya, bubuk ini  tidak akan merubah rasa makanan yang dimasak bersamanya. Cocok kan untuk kamu yang suka memasak, seperti memasak kue bolu, bubur ayam dan lainnya.

Agar lebih praktis, biasanya saya mencampurkan bubuk flaxseed dengan alpukat, pisang atau roti untuk sarapan dan saat perut saya terasa lapar di malam hari. Sayangnya flaxseed tidak mudah ditemukan di pasar tradisional atau mini market. Tapi tenang, kamu  bisa mendapatkan flaxseed di swalayan besar  atau di aplikasi jual beli online. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *