Travel

Melipir ke The Ranch Mega Mendung Puncak, Wisata Berkuda yang Lebih Dekat dari Ibu Kota!

The Ranch Mega Mendung Puncak a.k.a tempat wisata berkuda (selain lembang), memang bukan jadi tujuan utama saya, maupun yang lain. Namun karena sudah terlanjur ke puncak dan berhubung jalur menuju atas (puncak) ditutup. Jadi kami harus cari opsi lain, wisata apa yang kira-kira bisa kami kunjungi. Ya, kadang perjalanan nggak selalu sesuai rencana dan harapan, tapi tetap harus dibawa santai, gaes! Setelah dapat berbagai pilihan tempat wisata dari sabda netizen dan informasi mengenai letak tempat wisata yang lumayan strategis (nggak terlalu jauh dan tepat di pinggir jalan raya). Jadilah pilihan jatuh kepada The Ranch Mega Mendung dan saya pun bisa review tempat wisata kuda ini, di sini.

Ternyata perjalanan tanpa rencana, nggak selalu mengecewakan. Dengan biaya tiket masuk yang cukup murah yaitu Rp. 20.000, per orang. Parkir kendaraan pribadi Rp. 10.000, sepuasnya (sampai tempat wisata tutup). Saya udah bisa mengelilingi tempat wisata ini sampai kaki pegal. Walaupun lebih familiar sebagai tempat wisata kuda, tapi ternyata ada banyak aktifitas yang bisa kamu lalukan di The Ranch Mega Mendung Puncak. Banyak juga miniatur dan karya seni yang bisa kamu lihat dan nikmati.

The Ranch Mega Mendung Puncak menyediakan susu sapi segar, bagi pengunjung yang datang.

Setelah menaiki beberapa anak tangga dan melewati pintu masuk utama, saya disambut oleh patung berkepala kuda. Patung ini sepertinya sebagai simbol bahwa tempat wisata yang berlokasi di puncak, cisarua ini merupakan tempat wisata berkuda. Berhubung memang hanya ada satu jalur keluar-masuk untuk pengunjung yang datang, jadi sebelah kanan dan kiri dari tepat saya berdiri dekat pintu masuk, erlihat banyak toko penyedia oleh-oleh, nih.

Kupon yang kamu dapat, dari satu pembelian tiket masuk, bisa ditukarkan jadi segelas susu sapi segar. lho! Beragam tiga rasa pilihan, plain, chocolate dan strawberry. Lumayan menurut saya, dengan biaya masuk yang murah meriah sudah bisa dapat susu. Banyak juga ternyata papan penunjuk arah di sini. Bisa meminimalisir hilang arah, buat kamu yang suka lupa jalan, setelah keasikan wara wiri. Papan penunjuk arah, biasanya menunjukan jenis fasilitas dan aktifitas yang ada di sini, maupun lokasi pusat tempat berbelanja dan jajan-jajan.

Kalau kamu lurus aja dari pintu masuk, kamu udah bisa liat lintasan berkuda, beserta jalan setapak disekililingnya. Jalan setapak ini, jadi area kusus pengunjung, yang mau jalan kaki dan berkeliling. Saya juga lihat ada patung kuda dari ukiran kayu, maupun miniatur rumah nenek. Banyak juga pengunjung yang duduk sambil menikmati pemandangan sekitar.

Kamu akan lihat banyak papan larangan di sini, contohnya larangan untuk naik di atas rumput, juga larangan berjalan di jalur kuda. Dengan tujuan untuk menghindari bahaya. Karena pengunjung di sini cukup taat, jadi hamparan rumput di The Ranch Mega Mendung masih terlihat bersih dan terawat.

Tepatnya di tengah dan luar lintasan berkuda, ada area tempat anggota keluarga domba putih sedang lari-lari, sambil makan rumput. Saya super gemes sama domba-domba yang ada di sini, karena kelihatan bersih dan sehat. Tapi kebetulan saat saya berkunjung, pengunjung yang datang nggak dikasih kesempatan untuk kasih makan domba. Karena biasanya The Ranch sediakan fasilitas, untuk aktifitas memberi makan domba.

Ada apa aja pasar alkisah, The Ranch Mega Mendung Puncak?

Sebelah kanan setelah pintu masuk, tepatnya setelah saya melewati tempat penukaran kupon susu, lalu agak sedikit turun ke bawah. Saya menemukan tempat aneka jajanan makanan yang cukup lengkap, pun tersedia cenderamata atau oleh-oleh yang bisa kamu beli, istilahnya Pasar Alkisah. Pasar Alkisah lumayan luas dan dilengkapi dengan meja dan bangku kayu yang cukup besar. Selain itu space jalannya juga cukup lebar, jadi tetap nyaman, kalau mau sekedar lihat menu apa aja yang tersedia. Jajanan makanan yang bisa kamu beli, diantaranya tahu susu lembang, tempe mendoan, banana crispy, rujak uleg, cobro, arum manis, ice cream roll dan kopi.

The Ranch juga sediakan berbagai pilihan cenderamata unik yang bisa kamu beli di pasar alkisah. Mulai dari gelang, kalung, tas kulit, baju batik casual sampai formal dan aneka tas kanvas kerajinan anak bangsa. Sistem pembayarannya juga sangat mudah, jadi kamu bayar dulu di kasir. Setelah dapat nota pembayaran, kamu kasih ke penjual dan dapatkan barang yang kamu inginkan.

Setelah berteduh cukup lama dan usai hujan reda, saya pun lanjut berkeliling lagi. Ternyata di sini juga tersedia jasa penyewaan sepeda, untuk anak, maupun dewasa dan harganya Rp. 25.000. Di antara terminal sepeda, tersedia hiburan naik balon air dan panahan boneka atau panahan tradisional. Lokasinya persis di depan pasar alkisah. Berhubung banyak banget hamparan rumput hijau yang bagus dan terawat. kamu bisa memanfaatkan tempat wisata ini, untuk ambil foto, untuk dijadikan konten di instagram pribadi.

Restoran di The Ranch Mendung Puncak, bikin kenyang dan tambah nyaman!

Setelah saya berjalan menyeberangi hamparan rumput yang cukup luas, saya menemukan parkir delman. Tepat di sebelah parkir delman ada tempat yang berisi aktifitas yang bermanfaat untuk anak-anak. Seperti bermain tangkap dan pancing ikan, naik kuda pony dan menyusui anak sapi. Menurut saya The Ranch Mendung merupakan salah satu tempat wisata yang ramah untuk anak-anak.

Mau tau apa aja yang saya temui,setelah naik anak tangga yang cukup melelahkan? nggak kalah menarik, di sini ternyata banyak terdapat spot foto yang instagramable. Jajanan seperti kebab dan lainnya bisa ditemui di sini. Terminal naik kuda yang sebelumnya saya cari, ternyata ada di atas. Nah, terminal ini juga menyediakan perlengkapan berkuda yang bisa kamu pakai sebelum kamu naik kuda, baik untuk anak dan dewasa, seperti topi koboy dan rompi. Biaya naik kuda luamayan terjangkau, berkisar Rp. 25.000.

The ranch mega mendung terdapat banyak jembatan. Dengan tujuan menghubungi tempat yang satu, ke tempat yang lain. Salah satu nama jembatan yang sayang ingat, yaitu jembatan dongeng. Tapi sebelum saya sampai di jembatan dongeng, saya bertemu area sahabat kelinci. Pengunjung di sini bisa bermain, sekaligus memberi makan beberapa kelinci yang ada di area ini. Biaya nya juga cukup murah, sekitar Rp. 25.000.

Bukan hanya Pasar Alkisah yang punya menu makanan lezat. The Ranch Puncak juga sediakan restoran bagi pengunjung. Kebetulan saya dan yang lain udah makan di Pizza Hut di perjalanan, saya pun mengurungkan niat untuk coba menu lezat yang disediakan restoran. Tapi dilihat dari tempatnya lumayan cozy, karena kamu sekalian bisa lihat pemandangan dari atas. Di sekitar restoran juga disediakan berbagai fasilitas yang sangat nyaman dan bersih, seperti mushola, toilet, ataupun ruangan untuk ibu menyusui. Fasilitas di sini ternyata juga ramah untuk penyandang difable dan lansia, lho!

Pemandangan dari atas The Ranch Mega Mendung Puncak. Bagus yha!

Selain dilengkapi fasilitas yang sangat baik dan tersedia restoran yang cukup cozy, pun menyediakan beragam menu makanan lezat dan bergizi. Tentunya kamu juga bisa menghirup udara segar yang minim dari polusi. Sambil memandangi hamparan gunung-gunung, yang berada tepat di seberang wisata berkuda ini. Banyak terlihat hotel-hotel dekat The Ranch Mega Mendung yang bisa jadi pilihan kamu, untuk melanjutkan perjalanan atau singgah dan istirahat sebentar.

Bukan hanya kuda, The Ranch Mega Mendung Puncak juga menyediakan beragam spot foto instagramable.

Buat kamu yang mau abadikan momen di The Ranch Mega Mendung. Bisa langsung aja ke Nak Nik Ville studio. Dekat studio juga ada miniatur bukit pinus dan waterhole. Karena miniatur jadi nggak bisa buat berenang, ya.

The Ranch juga tersedia cafe, lho! namanya Castle Cafe. Cafe ini menyediakan menu andalan, yaitu ice cream Gelato. Walupun dingin-dingin, tetap okelah sambil makan ice cream. Nah lokasi foto di atas tepat di depan castle cafe. Bagus kan?

Intinya saya suka banget jalan-jalan di The Ranch Mega Mendung Puncak, Cisarua. Selain fasilitas dan memandangan yang cukup oke, di sini juga banyak kegiatan yang bisa membuat kita lebih empati ke sesama makhluk hidup, contohnya dengan memberi makan hewan dan merawat tumbuhan, atau sekedar tidak merusaknya. Dengan tersedia spot foto instagramable juga sangat cocok, buat kamu yang hanya mau jalan-jalan atau lihat pemandangan yang menyegarkan mata.

Semoga review The Ranch Mega Mendung ini bisa jadi referensi buat kamu yang mau liburan, dengan harga yang lumayan terjangkau dan lebih dekat dari Ibu kota. Semoga saya pun juga dikasih kesempatan untuk berkunjung dan mengulas tempat wisata yang lainnya! Selamat jalan-jalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *